ciri dapur trend

Ciri Trend Desain Dapur Masa Kini

Mungkin dulu Anda akan berpikir bahwa dapur adalah ruang di belakang rumah yang tidak perlu diperhatikan tata letak dan keindahannya.

Karena toh pada kenyataannya dapur hanya digunakan untuk memasak.

Namun seiring berkembangnya waktu, kebutuhan akan dapur yang sehat dan berkonsep modern banyak membuat budaya masyarakat juga berbeda. Kini, dapur bukan lagi sebuah ruang yang usang, melainkan justru bisa menjadi daya tarik di sebuah rumah.

Jika Anda berencana merenovasi dapur atau membangun rumah yang dapurnya terkonsep, beberapa ciri trend desain dapur masa kini berikut ini bisa dijadikan acuan untuk membentuk konsep dapur terbaik.

Trend Desain Dapur Masa Kini. Sudahkah Dapur Anda Memilikinya?

Island Counters

Salah satu ciri trend dapur modern masa kini adalah gaya Island Counters. Gaya dapur ini mungkin belum banyak diterapkan untuk rumah-rumah mewah. Namun akan sangat cocok untuk rumah minimalis.

Ciri Island Counters Kitchen adalah adanya tempat makan yang mirip dengan bar atau minibar. Dimana ada meja memanjang dan beberapa kursi kecil untuk tempat duduk.

Ciri lain adalah adanya meja dapur atau meja cuci yang berada di tengah ruangan. Meja ini bisa digunakan untuk memotong, mencuci, bahkan memasak. Sementara itu di sisi lainnya juga disediakan kursi bar untuk menyajikan makanan secara langsung.

Anda bisa mendesain dapur sesuai dengan konsep Island Counters ini. Untuk dapur yang sangat luas, Anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu meletakkan meja dapur atau meja cuci di tengah ruangan.

Namun jika memiliki rumah yang tidak begitu luas, konsep minibar dengan dua hingga empat kursi bisa dijadikan pilihan yang menarik.

Material Ekspose

Style lain dari dapur modern masa kini adalah menggunakan material ekspose. Material ekspose ini terinspirasi dari arsitektur klasik Eropa pada abad pertengahan.

Anda bisa saja menggunakan material bata ekspose untuk dinding dapur yang lebih artistik dan natural. Bisa juga melapisi dinding dengan batu alam ekspose untuk suasana dapur yang lebih asri.

Cara lain adalah dengan menggunakan konsep unfinished kitchen. Dimana meja dapur, dinding, atau bagian lantai dibuat dari material-material yang tidak di-finish sempurna. Misalnya dengan menyisakan beton ekspose untuk meja dapur, dan semisalnya.

Dapur semacam ini cocok untuk segala jenis bangunan. Baik itu bangunan mewah maupun sederhana. Asalkan penempatan perabot dan pemilihan materialnya pas, dapur akan terlihat unik.

Style Skandinavian

Konsep skandinavian juga sangat populer akhir-akhir ini untuk sebuah dapur. Style ini biasanya memiliki ciri khas warna dominan putih, yang kemudian digabung dengan elemen kayu.

Elemen kayu ini bisa diterapkan sebagai lantai, meja dapur, atau perabot lain seperti tempat penyimpanan. Sementara dindingnya biasanya memang putih bersih.

Ciri khas lain dari style skandinavian ini adalah adanya lampu gantung yang berjajar di atas meja dapur atau meja saji yang ada di dapur. Lampu gantung ini dibuat rendah, sesuai dengan komposisi ruang itu sendiri.

Warna Hitam atau Gelap

Warna hitam juuga merupakan warna yang saat ini paling banyak diterapkan dalam dapur. Selain karena warna hitam bisa membuat dapur lebih terlihat bersih, kehadiran warna hitam sebagai warna netral bisa membuat dapur lebih nampak kontras.

Warna hitam bisa diterapkan di bagian manapub, entah itu meja dapur, dinding, atau perabotan di dapur. Sementara itu bagian lantai tidak harus berwarna hitam.

Walau memiliki konsep warna hitam atau gelap, Anda masih bisa berkreasi dengan material dan warna lain. Misalnya dengan material kayu yang cokelat, atau warna abu-abu hingga putih.

Artikel terkait: Taman Minimalis

Adanya Elemen Tanaman

Konsep green architecture beberapa tahun terakhir digaungkan dari seluruh penjuru dunia. Akibatnya mulai banyak orang yang sadar akan kebutuhan mausia terhadap alam.

Dapur pun bisa menjadi ruang untuk bercocok tanam. Apalagi konsep sayuran organik beberapa waktu yang lalu juga mulai ramai dibicarakan.

Anda bisa menyediakan sebagian space di dapur untuk menanam sesuatu. Entah itu tanaman hias, atau bahkan tanaman sayur untuk dipanen di kemudian hari.

Itulah beberapa ciri trend desain dapur minimalis masa kini yang populer dan menarik untuk diadaptasikan sebagai konsep desain.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *