tips memilih atap rumah

Tips Desain Atap Rumah

Artikel ini persembahan spesial dari didekor.com – Atap rumah merupakan salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam membangun rumah, agar hunian idaman dapat kita capai. Selain itu, sebuah atap untuk melindungi berbagai macam barang yang ada di dalamnya.

Ya, atap rumah memiliki peranan yang sangat penting.

Saat ini, ada berbagai macam model atap rumah yang tengah digemari oleh beberapa orang.

Tentu saja, berbagai model atap rumah tersebut disesuaikan dengan model rumah yang akan dibangun.

Nah, model atap rumah yang tengah trend saat ini adalah model atap rumah minimalis. Ada banyak sekali desain atap rumah minimalis yang bisa Anda pilih.

Akan tetapi, sebagian dari Anda pasti akan merasa bingung kiranya desain apa yang tepat dan bisa Anda gunakan sebagai model atap rumah milik Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan model atap rumah apa yang tepat untuk Anda miliki, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum mulai membuat atap rumah.

Ada apa sajakah itu? Berikut pembahasannya untuk Anda.

5 Tips Desain Atap Rumah Minimalis Terbaik Agar Lebih Tahan Lama

  1. Perhatikan Cuaca Sekitar Lingkungan Anda

Terkadang, tidak sedikit orang yang menyepelekan faktor yang satu ini.

Cuaca yang ada di lingkungan Anda seperti suhu misalnya juga berpengaruh pada keawetan atap rumah Anda.

Misal, jika Anda berada di daerah yang sangat sering terkena angin besar, maka jangan menggunakan seng sebagai atap rumah Anda karena sangat beresiko untuk mudah lepas.

Selain itu, bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi atau yang memiliki suhu lebih dingin, seng menjadi pilihan terbaik untuk membuat rumah Anda tetap terasa hangat.

Namun sebaliknya, bagi Anda yang bertempat tinggal dengan suhu yang lebih panas, maka Anda bisa menggunakan atap rumah yang terbuat dari tanah liat untuk memberikan kesejukan di dalam rumah.

  1. Perhatikan Material yang Digunakan

Selain Anda harus memperhatikan desain atap rumah minimalis, Anda juga harus memperhatikan material atau bahan dari atap rumah yang digunakan.

Tentu saja, Anda harus memilih atap rumah terbaik dengan kualitas yang tinggi. Mengapa? Hal ini karena material rumah yang tidak menggunakan bahan berkualitas tinggi membuatnya lebih mudah rusak seperti berkarat atau retak jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan, material atap yang tidak berkualitas juga akan mengganggu kesehatan para. Tampak cukup menakutkan bukan?

Nah, Anda bisa memilih material atap rumah seperti pada rumah joglo jawa, istana China ataupun Jepang yang menggunakan genteng keramik dan telah melewati proses produksi dengan menggunakan temperature yang tinggi sehingga tetap awet hingga ratusan tahun lamanya.

  1. Jangan Lupakan Kriteria Atap

Selain beberapa hal diatas, menentukan kriteria atap juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan.

Pastikan, bahwa Anda memilih bentuk atap yang presisi dimana tidak deformasi atau meleot.

Dengan menentukan hal yang satu ini, hal tersebut dapat membuat atap rumah Anda menjadi lebih kuat dan bisa tahan lama. Anda juga bisa menentukan ketebalan atap yang disesuaikan dengan rumah Anda.

  1. Kualitas Atap

Memang, desain atap rumah minimalis yang tampak bagus membuat beberapa orang terlena untuk menggunakannya tanpa memperhatikan kualitas yang diberikan.

Kualitas atap juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda bisa mencari informasinya lewat internet atau menanyakannya secara langsung di beberapa toko bangunan.

Ingat, jangan mudah terlena dengan desain atap rumah yang menarik. Pastikan terlebih dahulu Anda memilih sebuah atap dengan kualitas tinggi dan yang tidak mudah rusak.

  1. Warna Atap

Langkah yang terakhir yakni memilih warna atap.

Nah, pada saat Anda memilih warna atap yang satu ini, pastikan bahwa Anda memilih warna atap yang sesuai dengan warna rumah minimalis Anda.

Gunakan pula cat terbaik yang bisa membuat warna menjadi lebih tahan lama dari paparan sinar matahari dan hujan secara terus-menerus.

Dari warna atap rumah yang Anda pilih ini juga menentukan desain atap rumah minimalis yang akan Anda pakai.

Dari kelima tips desain atap rumah minimalis diatas, tentu saja tidak boleh Anda remehkan.

Jangan mudah tertipu dengan atap yang memiliki desain terbaik namun kualitasnya rendah, sehingga mudah rusak jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pilihlah atap dengan bahan-bahan terbaik yang berkualitas tinggi sehingga lebih awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *